1.
Jelaskan apa yang dimaksud low management /managemen
bawah/low?
2.
Jelaskan pengertian managemen menurut ORDWAY TEAD?
3.
Didalam melaksanakan tugas, setiap tingkatan manager
mempunyai fungsi utama atau keahlian yang berbeda sebutkan perbedaan tersebut?
4.
Jelaskan pengertian manajemen menurut prof.Dr.H. Arifin Abdul
Rahman?
5.
Sebutkan fungsi-fungsi managemen menurut George R. Terry?
6.
Jelaskan yang dimaksud proses pengendalian pada managemen
proses?
7.
Dalam melaksanakan proses manajemen Bu Amel memiliki usaha menjual kopi karena
daya saing penjual kopi sangat luas. Bagaimana menjaga kualitas kopi agar
pelanggan puas. Sebutkan ?
8.
Ada berapa tingkatan manager yang saudara ketahui sebutkan?
9.
Jelaskan yang dimaksud dengan midle manager ( manager
menengah )
10. Pada tipe keahlian
manajerial, bidang-bidang managemen terdiri dari manager SDM. Apa yang dimaksud
manager SDM tersebut?
11. Jelaskan apa pengertian
manager finansial?
12. Manajemen merupakan suatu
proses untuk mencapai sebuah tujuan dalam hal ini apa yang anda ketahui manfaat
managemen itu sendiri?
13. Jelaskan apa yang dimaksud
manajemen sebagai suatu proses menurut Enclypedia Of The Social science?
14. Jelaskan apa yang anda ketahui
definisi manajemen itu ?
15. Jelaskan apa yang dimaksud
manajemen sebagai suatu seni ?
16. Jelaskan apa pengertian
manajemen menengah ( midle manager ) menurut tingkatan manajemen berikan
contohnya?
17. Jelaskan yang dimaksud
keterampilan konseptual dalam manajemen?
18. Jelaskan fungsi-fungsi apa
saja yang ada menurut Dr.SP. Siagian, MPA..
19. Seutkan fungsi-fungsi
manajemen menurut henry fayol
20. Sebutkan evolusi teori
manajemen yang anda ketahui minimal 3 ?
21. Sebutkan 4 faktor dalam lingkungan
exsternal makro?
22. Apa yang dimaksud
pengorganisasian ( organizing )
JAWABAN
:
- Manajemen
Bawah/Lini (Low Management)
Adalah manajemen tingkatan terendah di suatu perusahaan. Manager bertanggung jawab menyelesaikan rencana-rencana yang telah ditetapkan oleh para manajer yang lebih tinggi. Pada tingkatan ini juga memiliki keahlian yaitu keahlian teknis, artinya keahlian yang mencakup prosedur, teknik, pengetahuan dan keahlian dalam bidang khusus. Misal: supervisor/pengawas produksi, mandor. - Menurut ORDWAY TEAD : Proses dan kegiatan pelaksanaan usaha memimpin dan menunjukkan arah penyelenggaraan tugas suatu organisasi didalam mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan.
- Setiap tingkatan manajer mempunyai Fungsi utama atau keahlian yang berbeda yaitu :
a. Keahlian
Teknik (Technical Skill) yaitu keahlian tentang bagaimana cara mengaerjakan dan
menghasilkan sesuatu yang teriri atas pengarahan dengan motivasi, supervisi,
dan kemunikasi .
b. Keahlian Manajerial (Managerial Skill) yaitu
keahlian yang terkait dengan hal penetapan tujuan perencanaan,
pengorganisasian, penyusunan personalia, dan pengawasan.
- Manajemen menurut prof.Dr.H. Arifin Abdul Rahman
Kegiatan dalam rangka rentetan urutan-urutan institut orang-orang yang
melakukan kegiatan atau proses kegiatan
- Fungsi-fungsi managemen menurut George R. Terry
a) Perencanaan (planning)
Ø
Menjelaskan,
memantapkan dan memastikan tujuan yang dicapai
Ø
Meramalkan
keadaan untuk yang akan datang
Ø
Memperkirakan
kondisi pekerjaan yang dilakukan
Ø
Memilih
tugas yang sesuai untuk pencapaian tujuan
Ø
Membuat
rencana secara menyeluruh dengan menekankan kreatifitas
Ø
Membuat
kebijaksanaan , prosedur, standar dan metode untuk pelaksanaan kerja.
Ø
Mengubah
rencana sesuai dengan petunjuk hasil pengawasan
Ø
Membiyarkan
, peristiwa dan kemungkinan akan terjadi.
b) Pengorganisasian (organizing)
Ø
Membagi
pekerjaan kedalam tugas-tugas
operasional
Ø
Mengelompokkan
tugas-tugas kedalam posisi secara operasional
Ø
Menggabungkan
jabatan operasional kedalam unit yang berkaitan
Ø
Memilih
dan menempatkan orang untuk pekerjaan
sesuai
Ø
Menjelaskan
persyaratan dari tiap jabatan
Ø
Menyesuaikan
wewenang dan tanggung jawab bagi tiap anggota
Ø
Menyediakan
berbagai fasilitas untuk pegawai
Ø
Menyelaraskan
organisasi sesuai petunjuk hasil pengawasan.
c) Penggerakan (Actuating)
Ø
melakukan
partisipasi terhadap keputusan, tindakan dan perbuatan
Ø
mengarahkan
orang lain dalam bekerja
Ø
memotivasi
anggota
Ø
berkomunikasi
secara efektif
Ø
meningkatkan
anggota agar memahami potensinya secara penuh
Ø
memberi
imbalan penghargaan yang sesuai terhadap pekerja
Ø
mencukupi
keperluan pegawai sesuai dengan kegiatan pekerjaannya
Ø
Berusaha
memperbaiki pengarahan sesuai petunjuk pengawasan
d) Pengawasan (controling)
Ø
Membandingkan
hasil pekerjaan dengan rencana secara keseluruhan
Ø
Menilai
hasil pekerjaan dengan standar hasil kerja
Ø
Membuat
media pelaksanaan secara tepat
Ø
Memberitahukan
media pengukur pekerjaan
Ø
Memindahkan
data secara rinci untk melihat perbandingan dan penyimpangannya
Ø
Membuat
saran dan tindakan perbaikan
Ø
Memberitahukan
anggota yang bertanggung jawab terhadap pemberian penjelasan
Ø
Melaksanakan
pengawasan sesuai dengan petunjuk hasil pengawasan
- Proses pengendalian pada managemen proses
Dilakukan dengan pengamatan, mencermati laporan, dan melakukan inspeksi
supaya pekerjaan di semua bagian sesuai dengan persyaratan kualitas dan
ketentuan rencana hasil, dan sesuai dengan anggaran biaya.
- Caranya ada beberapa kategori
a.
Kualitas
barang yang dijual ( kopi)
bu amel akan tetap menjaga kualitas dan kwantitas kopi produksinya,
kalo bisa dia akan lebih meningkatkan produksi dan kwantitas kopinya tersebut. Mungkin
dari segi pengolahan atau penciptaan produksinya. Kemudian bahan pembuat
kopinya harus memilih kopi yang terbaik, biyar rasanya enak.
b.
Pelayanan
Terus kemudian dia akan meningkatkan pelayanan, kunci warung atau toko
ramai itu tergantung yang mengelola, bila yang mengelola itu ramah tamah pada
semua orang, pasti akan sering dikunjungi, karena sekarang ini memang banyak
persaingan, tapi satu hal itu yang menjadi kunci, yaitu ramah tamah kepada
setiap orang yang beli atau yang berkunjung diwarungnya.
c.
Tempat
Mungkin bu amel harus mendesain tempat atau warungnya sebagus dan
senyaman mungkin, agar setiap pengunjung nyaman berkunjung ditempatnya.
- Tingkatan manajer
1. Top Manager biasanya manager pada tingkatan ini adalah CEO ( chief
Executive officer) atau Direktur Utama dsb, Tugasnya mengepalai semua yang
bekerja untuk perusahaan termasuk middle manager , dan lower manager.Peran
Seorang Top manager mempengaruhi semua kinerja perusahaan jadi bisa kita nilai
bahwa sebuah perusahaan yang sukses berkat orang-orang yang berada di tingkatan
Top Manager ini begitu sebaliknya dan tanggung jawabnyapun begitu besar
terhadap perusahaan jadi tidak bisa kita pungkiri kenapa orang yang ada di
bagian Top manager ini biasanya menerima salary terbesar di banding siapapun
yang bekerja di suatu perusahaan.
2. Middle Manager sesuai dengan namanya middle yang berarti tengah, orang-orang yang menempati tingkatan ini biasanya di posisi Manajer Pemasaran, Manajer Keuangan , Manajer SDM dsb di suatu perusahaan. Middle manager adalah manajer yang terkonsentrasi penuh pada suatu bagian saja. Selain mengepalai suatu bagian middle manager ini biasanya juga bertugas untuk penghubung antara Top Manager dengan Lower Manager.
3. Low manager adalah manajer tingkatan terendah di suatu perusahaan biasanya orang-orang yang menempati posisi ini adalah mereka yang mempunyai jabatan Mandor, Supervisor dsb di suatu perusahaan. Tugas Low manager sangat sulit selain mereka harus bisa mengatur para staffnya mereka juga harus mempunyai keahlian di bidangnya agar bisa mengajari bawahannya dengan baik dan benar
2. Middle Manager sesuai dengan namanya middle yang berarti tengah, orang-orang yang menempati tingkatan ini biasanya di posisi Manajer Pemasaran, Manajer Keuangan , Manajer SDM dsb di suatu perusahaan. Middle manager adalah manajer yang terkonsentrasi penuh pada suatu bagian saja. Selain mengepalai suatu bagian middle manager ini biasanya juga bertugas untuk penghubung antara Top Manager dengan Lower Manager.
3. Low manager adalah manajer tingkatan terendah di suatu perusahaan biasanya orang-orang yang menempati posisi ini adalah mereka yang mempunyai jabatan Mandor, Supervisor dsb di suatu perusahaan. Tugas Low manager sangat sulit selain mereka harus bisa mengatur para staffnya mereka juga harus mempunyai keahlian di bidangnya agar bisa mengajari bawahannya dengan baik dan benar
- Middle Manager sesuai dengan namanya middle yang berarti tengah, orang-orang yang menempati tingkatan ini biasanya di posisi Manajer Pemasaran, Manajer Keuangan , Manajer SDM dsb di suatu perusahaan. Middle manager adalah manajer yang terkonsentrasi penuh pada suatu bagian saja. Selain mengepalai suatu bagian middle manager ini biasanya juga bertugas untuk penghubung antara Top Manager dengan Lower Manager.
- Manajemen sumber daya manusia merupakan suatu istilah yang digunakan untuk menerangkan keanekaragaman aktivitas-aktivitas yang terlibat dalam penarikan, pengembangan, dan mempertahankan tenaga kerja perusahaan yang berbakat dan bersemangat (Amirullah dan Rindiyah: 2002). Beberapa persoalan penting yang akan dibahas dalam kaitannya dengan proses manajemen sumber daya manusia, antara lain menyangkut:
(a) penarikan tenaga kerja yang berkualitas,
mengelola perencanaan, rekruitmen, dan seleksi tenaga kerja,
(b) mengembangkan tenaga kerja yang berkualitas,
mengelola orientasi, pelatihan dan pengembangan serta perencanaan dan
pengembangan karir pegawai,
(c) mempertahankan tenaga kerja yang berkualitas,
mengelola penahanan dan pergantian, penilaian kinerja, kompensasi dan benefit
dan hubungn tenaga kerja dan manajemen
- Manajer finansial disebut juga manajer keuangan
Manajemen keuangan adalah menyajikan pengetahuan tentang pengelolaan
keuangan perusahaan atau organisasi sehingga dapat merencanakan dan
mengendalikan keuangan perusahaan atau organisasi.Wajib diketahui pimpinan
perusahaan, manajer keuangan, ataupun setiap individu yang ingin mendalami
masalah keuangan untuk mendukung pelaksanaan tugasnya.
sumber:WWW.ippm.ac.id
Manajemen keuangan adalah suatu kegiatan perencanaan, penganggaran,
pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencarian dan penyimpanan dana yang
dimiliki oleh organisasi atau perusahaan.
sumber: http://WWW.organisasi.org
- Manfaat managemen / teori managemen
Teori manajemen yang baik dapat mendorong profesionalisme
manajemen, karena manajemen merupakan ilmu dan seni sekaligus.Teori ini dapat
digunakan untuk memprediksi kaitan antara beberapa fenomena, dan dengan
demikian bisa mengurangi efek coba-coba, dan dapat mengefisienkan kerja
manajer.Teori manajemen dapat membantu memajukan profesi manajemen. Kerja sama
antara teoritisi manajemen dengan praktisi manajemen dapat membuahkan hasil
yang mengagumkan.
- Menurut Enclypedia of the social science manajemen sebagai suatu proses
yaitu suatu proses dimana
pelaksanaan suatu tujuan tertentu dilaksanakan dan diawasi.
Semua proses dan pelaksanaan itu
meliputi :
1. Proses perencanaan
(Planning)
Perencanaan adalah
proses mentapkan sasaran atau tujuan dan tindakan yang perlu untuk mencapai
tujuan(goal) tersebut.
2. Organizing
(Mengorganisasikan)
Mengorganisasikan adalah
proses mempekerjakan dua orang atau lebih untuk bekerjasama dalam cara
terstruktur guna mencapai sasaran specific atau beberapa sasaran dalam kata
lain mengalokasikan pekerjaan, wewenang, dan sumber daya di antara anggota
organisasi, sehingga mereka dapat mencapai tujuan mereka.
3. Leading (Memimpin)
Memimpin adalah proses
mengarahkan dan mempengaruhi aktivitas atau memotivasi karyawan yang berkaitan
dengan pekerjaan dari anggota kelompok atau seluruh organisasi.
4. Controlling
(Pengendalian)
Pengendalian adalah
suatu proses untuk memastikan bahwa aktivitas sebenarnya sesuai dengan
aktivitas yang direncanakan dalam arti seorang manajer harus yakin tindakan
yang dilakukan oleh anggota organisasi benar-benar menggerakkan organisasi
kearah tujuan yang telah dirumuskan.
14. Definisi manajemen
Manajemen dapat diartikan sebagai ketatalaksanaan
,manajemen, manajemen pengurus dan lain sebagainya jika dilihat dari
literatur-literatur yang ada, pengertian manajemen dikategorikan menjadi 3
yaitu:
1) Manajemen sebagai suatu proses
2) Manajemen sebagai suatu kolektivitas manusia
3) Manajemen sebagai ilmu (science) dan sebagai seni
(Art)
15. Manajemen sebagai suatu seni, disini memandang bahwa di dalam mencapai suatu
tujuan diperlukan kerja sama dengan orang lain. Intinya bagaimana cara
memerintahkan pada orang lain agar mau bekerja sama. Pada hakekatnya kegiatan
manusia pada umumnya adalah managing ( mengatur ) untuk mengatur disini
diperlukan suatu seni, bagaimana orang lain memerlukan pekerjaan untuk mencapai
tujuan bersama. Seni dalam manajemen yaitu membentuk manusia menjadi lebih
efektif dari yang sudah dan sedang mereka lakukan tanpa anda. Ilmu adalah pada
bagaimana anda melakukannya, yaitu : planning, organizing, directing dan monitoring.
Sehingga manajemen sebagai ilmu adalah melihat bagaimana manajemen dihubungkan
dengan prinsip-prinsip manajemen,dan telah di organisasi menjadi teori. Dimana
seorang manajer mempelajari terlebih dahulu tujuannya lalu diproses olehnya
dengan keahliannya,setelah menjadi sebuah teori,lalu di buat penetapan tenaga
kerja pengarah dan pengawasan untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan.
16. Manajemen Menengah (Middle Manager)
Mencakup
lebih dari satu tingkatan didalam suatu organisasi. Manager menengah mengarahkan kegiatan manager lain, juga
mengarahkan kegiatan-kegiatan yang melaksanakan
kebijakan organisasi. Manajemen menengah harus memeiliki keahlian
interpersonal/manusiawi, artinya keahlian untuk berkomunikasi, bekerjasama dan
memotivasi orang lain. Manajer bertanggung jawab melaksanakan rencana dan
memastikan tercapainya suatu tujuan.
Contohnya kepala bagian yang
membawahi kepala seksi, manajer wilayah, kepala divisi, direktur produk.
- Keterampilan
konseptual (conceptional skill)
keterampilan atau kemampuan mental untuk mengkordinasikan dan mengintegrasikan seluruh kepentingan dan kegiatan organisasi.
18. Fungsi manajemen menurut Dr. SP Siagian MPA
a) Planning: berupa penentuan langkah-langkah yang
memungkinkan organisasi mencapai tujuan-tujuannya.
memungkinkan organisasi mencapai tujuan-tujuannya.
b) Organizing : dalam arti mobilisasi bahan materiil
dan sumber daya manusia guna melaksanakan rencana.
dan sumber daya manusia guna melaksanakan rencana.
c) Motivating :
dengan memotivasi atau memberi semangat kepada karyawan
agar dapat menunaikan tugas pekerjaan mereka dengan baik.
agar dapat menunaikan tugas pekerjaan mereka dengan baik.
d) Controlling : dengan memantau rencana untuk
membuktikan apakah rencana itu sudah dilaskanakan sebagaimana
mestinya.
membuktikan apakah rencana itu sudah dilaskanakan sebagaimana
mestinya.
19. Fungsi manajemen menurut Henry
fayol
1) Perencanaan (planning) berupa penentuan langkah-langkah yang
memungkinkan organisasi mencapai tujuan-tujuannya.
2) Pengorganisasian dan (organizing), dalam arti mobilisasi bahan materiil
dan sumber daya manusia guna melaksanakan rencana.
3) Memerintah (Commanding) dengan memberi arahan kepada karyawan
agar dapat menunaikan tugas pekerjaan mereka
4) Pengkoordinasian (Coordinating) dengan memastikan sumber-sumber
daya dan kegiatan organisasi berlangsung secara harmonis dalam
mencapai tujuannya.
5) Pengendalian (Controlling) dengan memantau rencana untuk
membuktikan apakah rencana itu sudah dilaskanakan sebagaimana
mestinya.
memungkinkan organisasi mencapai tujuan-tujuannya.
2) Pengorganisasian dan (organizing), dalam arti mobilisasi bahan materiil
dan sumber daya manusia guna melaksanakan rencana.
3) Memerintah (Commanding) dengan memberi arahan kepada karyawan
agar dapat menunaikan tugas pekerjaan mereka
4) Pengkoordinasian (Coordinating) dengan memastikan sumber-sumber
daya dan kegiatan organisasi berlangsung secara harmonis dalam
mencapai tujuannya.
5) Pengendalian (Controlling) dengan memantau rencana untuk
membuktikan apakah rencana itu sudah dilaskanakan sebagaimana
mestinya.
20. Evolusi teori manajemen
1)
Teori menejemen klasik
Teori manajemen klasik aliran
klasik, aliran ini mendefinisikan manajemen sesuai dengan fungsi-fungsi
manajemennya. Pewrhatian dan kemampuan manajemen dibutuhkan pada penerapan
fungsi-fungsi tersebut. Aliran manajemen klasik terdiri dari teori menejemen
ilmiah ( scientific management) dan teori organisasi klasik. Ada 2 tokoh yang
mengawali munculnya manajemen yaitu Robert Owen ( 1771 1858), Charles Babbage (
1792 1871 )
2)
Teori perilaku
Kontribusi studi perilaku ada
2 kelompok yaitu memberikan penekanan pada orang yang ada dalam pekerjaan dari pada jenis pekerjaan itu sendiri.
Ø Hawthorne merupakan bagian
dari human relation movement ( gerak-gerik hubungan manusia) pertama memahami
mengenai orang yang bekerja dalam organisasi.
Ø Kelompok system social,
menghasilkan kumpulan materi organizational behavior ( perilaku organisasi)
3)
Teori kuantitatif ( riset operasi dan ilmu manajemen )
Aliran
kuantitatif untuk manajemen mulai berkembang sejak perang dunia II. Pada waktu
itu inggris ingin memecahkan beberapa persoalan yang sangat kompleks dalam
perang. Inggris kemudian membentuk team riset operasi (Reserch Operation) dipimpin oleh P.M.S Blackett. Team ini terdiri dari ahli
matematika, fisika dan ilmuan lainnya. Inggris berhasil menemukan
terobosan-terobosan penting dari team tersebut. Amerika Serikat kemudian
meniru, membentuk team riset operasi seperti yang dibentukinggris. Computer
digunakan untuk menghitung model-model matematika yang dikembangkan. Ketika
perang selesai, model-model dari riset operasi tersebut kemudian di aplikasikan
ke industry. Industry juga mengalami perkembangan pesat dengan
persoalan-persoalan yang semakin kompleks.
21. Faktor dalam lingkungan eksternal makro
1)
Teknologi
Dalam
setiap masyarakat atau industri , tingkat kemajuan memainkan peranan yang
berarti . Sebagai contoh kemajuan teknologi akan menurunkan permintaan akan
manajer- manajer menengah dan lini pertama, Banyak perusahaan sekarang
menggunakan komputer untuk meramalkan operasi-operasi dan schedulin produksinya
, dimana pada waktu yang lalu dilakukan oleh fungsi – fungsi manajemen
menengah. Inovasi teknologi dapat juga menimbulkan posisi persaingan baru dalam
industri – industri yang berbeda. Ini semua menuntut manajer perusahaan
bersikap tanggap terhadap tantangan – tantangan dan mampu memanfaatkan
kesempatan yang ada. Manajer perlu senantiasa menaksir arah perkembangan
teknologi dan memperkirakan perngaruhnya pada organisasi atau melakukan
peramalan teknologi.
2)
Ekonomi
Para
manajer akan selalu terlibat dengan masalah-masalah biaya sumber daya – sumber
daya yang dibutuhkan dalam organisasi. Biaya ini berubah-berubah setiap waktu
karena pengaruh faktor – faktor ekonomi. Sehingga manajer senantiasa perlu
menganalisa dan mendiagnosa faktor – faktor ekonomi, seperti kecenderungan
inflasi atau deflasi harga-harga barang dan jasa, kebijaksanaan moneter, dan
kebijaksanaan fisikal dll, jadi manajer perusahaan harus mencurahkan waktu dan
sumber daya untuk melakukan peramalan ekonomi dan antisipasi perubahan harga.
3)
Lingkungan
sosial kebudayaan
Merupakan
pedoman hidup yang menentukan bagaimana hampir seluruh organisasi dan manajer
harus beroperasi . Lingkungan ini mencakup kepercayaan , nilai-nilai,
sikap-sikap, pandangan serta pola kehidupan yang dibentuk oleh tradisi ,
pendidikan, kelompok , ethnis, teknologi , demografi, geografis, serta agama
dan kepercayaan dari sekelompok atau seluruh masyarakat tertentu. Pengaruh dari
pedoman hidup ini dapat sangat luas atau felatif sempit . Misal, batasan bagi
pekerja wanita mungkin hanya berlaku disuatu daerah, tetapi dapat juga berlaku
secara nasional
4)
Dimensi
internasional
Komponen
Internasional dalam lingkungan eksternal juga menyajikan kesempatan-kesempatan
dan tantangan-tantangan serta mempunyai potensi menjadi faktor yang berpengaruh
langsung pada operasi perusahaan. Kekuatan-kekuatan internasional ini
berpengaruh melalui perkembangan politik dunia, ketergantungan ekonom transfer
teknologi. Lebih sempit lagi, kekuatan ini berwujud misalnya keterrgantungan
sumberdaya impor, keadaan resesi, persaingan dengan perusahaan – perusahaan
multinasional, tingkat pertukaran mata uang asing dsb. Maka hendaknya manajer
mampu menanalisa dan mengantisipasi untuk kemudian meletakkan dasar yang kuat
dalam menghadapi perkembangan dunia internasional.
22. Pengorganisasian / organizing
Pengorganisasian
merupakan suatu cara pengaturan
pekerjaan dan pengalokasian pekerjaan diantara para anggota organisasi sehingga
tujuan organisasi dapat dicapai secara efisien (Stonner, 1996) sedangkan T Hani
handoko (1999) memberikan pengertian
pengorganisasian adalah proses penyusunan struktur organisasi yang sesuai
dengan tujuanorganisasi, sumber daya yang dimiliki, dan lingkungan yang
melingkupinya.
Sports bettors can rejoice and bet from the consolation of their own homes as an alternative of crossing bridges or going via tunnels to put their wagers. They’ve carried out so by decoding their gaming compact with the state to imply that they can offer any form of Class III gaming. The Department of Interior, thecasinosource.com which overseas tribal agreements with states, hasn’t intervened.
ReplyDelete